Senin, 04 Juni 2012

RESENSI BUKU Lehninger Principles of Biochememistry

 
 

Judul Buku                          : Lehninger Principles of Biochememistry
Nama Penulis                    : David L. Nielson dan Micheal M. Cox
Tahun Penerbitan            : 2004
Cetakan ke                         : IV (Empat)
Nomor  ISBN                      : 0716743396
Nama Penerbit                 : W. H. Freeman
                                                               
                Biokimia merupakan ilmu yang berhubungan dengan berbagai molekul di dalam sel atau organisme hidup sekaligus dengan reaksi kimianya. Biokimia menjelaskan struktur biomolekul dan reaksi yang dijalaninya, enzim dan mekanisme biokatalis, elusidasi jalur metabolisme dan pengendaliannya, serta prinsip dari proses-proses kehidupan yang dapat dipahami melalui hukum-hukum kimia.  Semua sel dari yang paling sederhana sampai organisme komplek dengan sifat dasar tertentu dapat dilihat pada tingkat biokimia. Oleh karena itu, untuk memahami peran Biokimia dalam kelompok ilmu pengetahuan alam (biosains) diperlukan pemahaman yang mendalam mengenai unsur-unsur kimia penyusun biomolekul, struktur dan fungsi dari ribuan senyawa biomolekul, serta peran biomolekul dalam reaksi metabolisme dan mekanisme reaksinya.
Buku Lehninger Principles of Biochemistry benar-benar menyajikan konsep praktis dan teoritis dalam memudahkan pembaca memahami materi biokimia dasar. Buku ini dapat digunakan sebagai buku referensi dalam mempelajari Biokimia pada tingkat dasar. Lehninger Principles of Biochemistry  pada bagian satu memuat materi Biokimia Dasar yang meliputi struktur dan katalis: air; asam amino, peptida dan protein; struktur tiga dimensi protein; fungsi protein; enzim; karbohirat dan glikobiologi; nukleotida dan asam nukleat; DNA berbasis teknologi informasi; lipid; membran biologis dan transportasi; dan biosignaling. Bagian dua meliputi bioenergetika dan metabolisme: prinsip-prinsip bioenergetika; prinsip-prinsip regulasi metabolisme; siklus asam sitrat; katabolisme asam lemak; oksidasi asam amino dan produksi urea; fosforilasi oksidatif; fotofosforilasi; biosintesis karbohidrat dalam tumbuhan dan bakteri; biosintesis lipid; biosintesis asam amino, nukleotida, dan molekul yang terkait; regulasi hormon dan integrasi metabolisme mamalia. Bagian akhir meliputi jalur informasi: gen dan kromosom; metabolisme DNA; metabolisme RNA; dan metabolisme protein.
Buku ini ditulis dengan tujuan memenuhi penyediaan khazanah ilmu kimia bagi siapa saja khususnya mahasiswa yang mempelajari seluk-beluk kimia. Penyediaan buku ini juga menjadi salah satu faktor penting dalam meningkatkan pengetahuan tentang kimia. Buku ini dirancang sedemikian rupa sehingga mahasiswa dapat memahami setiap konsep dengan mudah yang disertai dengan penampilan menarik berupa gambar, tabel, grafik, bagan, illustrasi, dan lainnya. Kelebihan lainnya adalah gaya penulisan yang relatif mudah dipahami serta pembahasannya yang lengkap dan runtut sehingga mahasiswa akan lebih mudah memahami isi buku. Meskipun buku dengan judul seperti ini sudah banyak ditulis, namun Lehninger Principles of Biochemistry menampilkan sesuatu yang berbeda karena setiap topik dilengkapi dengan ilustrasi yang sangat menarik, berupa teks dan gambar berwarna-warni yang unik dan juga dilengkapi dengan gambar tiga dimensinya. Ilustrasi tersebut sangat mendukung dalam memahami konsep dasar biokimia dan membuat pembaca tidak jenuh.
Namun untuk memahami konsep-konsep biokimia yang dibahas di dalam buku ini, pembaca tetap harus memiliki minat yang tinggi terlebih dulu terhadap kimia. Karena meskipun telah disajikan dalam bentuk yang sangat menarik, pengertian ilmiah pembaca tetap diperlukan.




1 komentar: